Selasa, 05 Juni 2012

makalah teknologi pembelajaran


                                                            BAB I
 PENDAHULUAN

Media memiliki banyak jenis dan klasifikasinya, dilihat dari pengadaan media pembelajaran dapat dikelompokkan kedalam dua jenis, yaitu media yang sudah tersedia dilingkungan sekolah atau media yang sudah ada dipasaran, sering juga disebut media by utilization, yang kedua adalah jenis yang disebut media by design jenis media kedua ini menuntut guru atau ahli media untuk membuat atau merancang media sesuai kebutuhan dan tujuan pembelajaran tertentu. Namun kedua jenis media tersebut tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.
Pada saat pembelajaran, banyak guru merasa mengalami permasalahan bahwa ternyata media yang digunakannya kurang tepat, dalam kata lain hasil belajar siswa tidak meningkat, siswa tidak tertarik dengan media yang guru sajikan, atau siswa malah bingung dan tidak meningkat motivasi belajarnya padahal guru sudah bekerja keras untuk membuat media tersebut. Atau guru merasa bingung untuk menentukan media apa yang harus dipilih untuk materi pembelajaran yang sudah disiapkan. Permasalahan tersebut mungkin sering dialami guru karena banyaknya jenis media pembelajaran atau ingin memilih media pembelajaran yang lebih efisien namun hasilnya memuaskan. Tentu saja masalah tersebut tidak akan terjadi apabila guru memahami bagaimana konsep prosedur dan pemilihan yang tepat sehingga sesuai dengan yang diharapkan.



                                   
                                                            BAB II
TEKNIK PEMILIHAN MEDIA

A.      Dasar Pertimbangan Pemilihan Media
1.      Alasan Teoritis memilih media
Media merupakan salah satu komponen utama dalam pembelajaran selain tujuan, materi, metode dan evaluasi, maka sudah seharusnya dalam pembelajaran guru menggunakan media.
Alasan pokok pemilihan media dalam pembelajaran, karena didasari atas konsep pembelajaran sebagai sebuah system yang didalamnya terdapat suatu totalitas yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan.
Upaya untuk mewujudkan tujuan pembelajaran ditunjang oleh mediayang sesuai dengan meteri, strategi yang digunakan, dan karakteristik siswa
2.  Alasan Praktis Pemilihan Media
Bebrapa penyebab orang memilih media, antara lain dijelaskan oleh Arif Sadiman sebagai berikut :
a.    Demonstration
Dalam hal ini media dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah konsep, alat, objek, kegunaan, cara        mengoperasikan dan lain-lain.
b.    Familiarity
Pengguna media pembelajaran memiliki alas an pribadi mengapa ia menggunakan media, yaitu karena sudah terbiasa menggunakan media tersebut, merasa sudah menguasai media tersebut, jika menggunakan media lain belum tentu bias dan untuk mempelajarinya membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya sehingga secara terus menerus ia menggunakan media yang sama.
c.    Clarity
Yaitu untuk lebih memperjelas pesan pembelajaran dan memberikan penjelasan yang lebih konkrit.
d.    Active learning
Siswa harus berperan secara aktif baik secara fisik, mental maupun emosional.
B.   Kriteria Pemilihan Media
Secara singkat dapat dikatakan bahwa dasar pertimbangan dalam pemilihan media adalah dapat terpenuhinya kebutuhan dan tercapainya tujuan pembelajaran, jika tidak sesuai dengan kebutuhan dan tujuan maka media tersebut tidak digunakan.
Namun demikian aplikasinya tidak sesederhana itu, diperlukan suatu pengkajian yang mendalam untuk sampai ketempat pemilihan media.
a.    Kriteria umum pemilihan media
1.         Kesesuaian dengan Tujuuan (instruksional goals)
2.         Kesesuaian dengan materi pembelajaran (Instructional content)
3.         Kesesuaian dengan karakteristik pebelajar atau siswa,
4.         Kesesuaian dengan materi
5.         Kesesuaian dengan gaya belajar siswa
6.         Kesesuaian dengan kondisi lungkungan, fasilitas pendukung, dan waktu yang tersedia.


b.     Kriteria khusus pemilihan media
Sejumlah kriteria khusus lainnya dalam memilih media pembelajaran yang tepat dapat kita rumuskan dalam satu kata ACTION,  yaitu akronim dari; Access, Cost, Technology, Interactivity, Organization dan Novelty.
1.    Access
Kemudahan akses menjadi pertimbangan pertama dalam pemilihan media. Apakah media yang ingin digunakan itu tersedia, mudah, dan dapat dimanfaatkan oleh murid.
2.    Cost
Biaya juga harus dipertimbangkan dalam menentukan media.
3.    Technology
Mungkin saja guru tertarik kepada satu media tertentu. Tapi perlu diperhatikan apakah teknologinya tersedis dan mudah menggunakannya
4.    Interactivity
            Media yang baik adalah media yang dapat memunulkan komunikasi dua arah .
5.    Organization
Pertimbangan yang juga penting adalah dukungan organisasi.
6.    Novelty
Kebaruan dari media yang dipilih harus menjadi pertimbangan . media yang baru biasanya lebih baik dan lebih menarik bagi siswa.

C.      Prosedur Pemilihan Media
Prosedur Pemilihan Model ASSURE:
ASSURE mengandung makna dari masing-masing huruf, yaitu: Analisis Learning Characteristics, State Objectives, State Objective, Select Modify or Design, Utiliti materialas dan Evaluate.
1.         Analisis Learner Characteristics, Tahap pertama adalah melakukan analisis terhadap karakteristik siswa.
2.         State objective, langkah selanjutnya menentukan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang diharapkan tercapai.
3.         Select, Modify or Design materials, selanjutnya adalah kegiatan memilih media, memodifikasi media yang sudah ada atau merancang sesuai kebutuhan.
4.         Utilitize Materialas, setelah media tersebut dipilih mana yang sesuai dengan karakteristik siswa, sesuai dengan tujuan pembelajaran lalu langkah selanjutnya digunakan dalam pembelajaran..
5.         Require Learning respose, diamati bagaimana respon siswa terhadap penggunaan media tersebut.
6.         Evaluate, Tahap akhir dalam pemilihan media model ASSURE adalah melakukan evaluasi.






    BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media yang akan digunakan oleh guru tidak hanya “asal” dalam pemilihannya tetapi juga melalui tahapan pemilihan yang sesuai dengan kriteria serta prosedur dalam memilih media yang baik sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
Kriteria umum pemilihan media
1.    Kesesuaian dengan Tujuuan (instruksional goals)
2.    Kesesuaian dengan materi pembelajaran (Instructional content)
3.    Kesesuaian dengan karakteristik pebelajar atau siswa,
4.    Kesesuaian dengan materi
5.    Kesesuaian dengan gaya belajar siswa
Kriteria khusus pemilihan media
1.    Access
2.    Cost
3.    Technology
4.    Interactivity
5.    Organization.
6.    Novelty
B.       Saran
Media pembelajaran pada saat ini sangat beragam dan banyak digunakan oleh guru, namun apakah media yang digunakan itu dapat membantu siswa memahami maksud yang disampaikan oleh guru, dan apakah penggunaan media tertentu efektif atau tidak, untuk itu guru hendaknya sebelum menggunakan media harus dapat memilih dan menentukan media mana yang sesuai dan cocok digunakan untuk satu indikator atau kompetensi dasar yang ingin dicapai dengan menggunakan kriteria pemilihan media dengan prosedur-prosedur yang telah ada untuk mengeliminasi media yang akan digunakan dalam pembelajaran sehingga tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar