BAB I
PENDAHULUAN
Media memiliki banyak jenis dan klasifikasinya, dilihat dari
pengadaan media pembelajaran dapat dikelompokkan kedalam dua jenis, yaitu media
yang sudah tersedia dilingkungan sekolah atau media yang sudah ada dipasaran,
sering juga disebut media by utilization, yang kedua adalah jenis yang
disebut media by design jenis media kedua ini menuntut guru atau ahli
media untuk membuat atau merancang media sesuai kebutuhan dan tujuan
pembelajaran tertentu. Namun kedua jenis media tersebut tentunya memiliki
kekurangan dan kelebihannya masing-masing.
Pada saat pembelajaran, banyak guru merasa mengalami permasalahan
bahwa ternyata media yang digunakannya kurang tepat, dalam kata lain hasil
belajar siswa tidak meningkat, siswa tidak tertarik dengan media yang guru
sajikan, atau siswa malah bingung dan tidak meningkat motivasi belajarnya
padahal guru sudah bekerja keras untuk membuat media tersebut. Atau guru merasa
bingung untuk menentukan media apa yang harus dipilih untuk materi pembelajaran
yang sudah disiapkan. Permasalahan tersebut mungkin sering dialami guru karena
banyaknya jenis media pembelajaran atau ingin memilih media pembelajaran yang
lebih efisien namun hasilnya memuaskan. Tentu saja masalah tersebut tidak akan
terjadi apabila guru memahami bagaimana konsep prosedur dan pemilihan yang
tepat sehingga sesuai dengan yang diharapkan.
BAB II
TEKNIK PEMILIHAN MEDIA
A.
Dasar
Pertimbangan Pemilihan Media
1.
Alasan
Teoritis memilih media
Media merupakan
salah satu komponen utama dalam pembelajaran selain tujuan, materi, metode dan
evaluasi, maka sudah seharusnya dalam pembelajaran guru menggunakan media.
Alasan pokok
pemilihan media dalam pembelajaran, karena didasari atas konsep pembelajaran
sebagai sebuah system yang didalamnya terdapat suatu totalitas yang saling
berkaitan untuk mencapai tujuan.
Upaya untuk mewujudkan tujuan pembelajaran
ditunjang oleh mediayang sesuai dengan meteri, strategi yang digunakan, dan
karakteristik siswa
2.
Alasan Praktis Pemilihan Media
Bebrapa
penyebab orang memilih media, antara lain dijelaskan oleh Arif Sadiman sebagai
berikut :
a. Demonstration
Dalam hal ini
media dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah konsep, alat,
objek, kegunaan, cara mengoperasikan
dan lain-lain.
b. Familiarity
Pengguna media
pembelajaran memiliki alas an pribadi mengapa ia menggunakan media, yaitu
karena sudah terbiasa menggunakan media tersebut, merasa sudah menguasai media
tersebut, jika menggunakan media lain belum tentu bias dan untuk mempelajarinya
membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya sehingga secara terus menerus ia
menggunakan media yang sama.
c. Clarity
Yaitu untuk
lebih memperjelas pesan pembelajaran dan memberikan penjelasan yang lebih
konkrit.
d. Active learning
Siswa harus berperan secara aktif baik secara
fisik, mental maupun emosional.
B.
Kriteria Pemilihan Media
Secara singkat dapat dikatakan bahwa dasar pertimbangan dalam
pemilihan media adalah dapat terpenuhinya kebutuhan dan tercapainya tujuan
pembelajaran, jika tidak sesuai dengan kebutuhan dan tujuan maka media tersebut
tidak digunakan.
Namun demikian aplikasinya tidak sesederhana itu, diperlukan suatu
pengkajian yang mendalam untuk sampai ketempat pemilihan media.
a.
Kriteria
umum pemilihan media
1.
Kesesuaian
dengan Tujuuan (instruksional goals)
2.
Kesesuaian
dengan materi pembelajaran (Instructional content)
3.
Kesesuaian
dengan karakteristik pebelajar atau siswa,
4.
Kesesuaian
dengan materi
5.
Kesesuaian
dengan gaya belajar siswa
6.
Kesesuaian
dengan kondisi lungkungan, fasilitas pendukung, dan waktu yang tersedia.
b.
Kriteria khusus pemilihan media
Sejumlah
kriteria khusus lainnya dalam memilih media pembelajaran yang tepat dapat kita
rumuskan dalam satu kata ACTION, yaitu
akronim dari; Access, Cost, Technology, Interactivity, Organization dan
Novelty.
1.
Access
Kemudahan akses menjadi pertimbangan pertama dalam pemilihan media.
Apakah media yang ingin digunakan itu tersedia, mudah, dan dapat dimanfaatkan
oleh murid.
2.
Cost
Biaya juga harus dipertimbangkan dalam menentukan media.
3.
Technology
Mungkin saja guru tertarik kepada
satu media tertentu. Tapi perlu diperhatikan apakah teknologinya tersedis dan
mudah menggunakannya
4.
Interactivity
Media
yang baik adalah media yang dapat memunulkan komunikasi dua arah .
5.
Organization
Pertimbangan yang juga penting
adalah dukungan organisasi.
6.
Novelty
Kebaruan dari
media yang dipilih harus menjadi pertimbangan . media yang baru biasanya lebih
baik dan lebih menarik bagi siswa.
C.
Prosedur
Pemilihan Media
Prosedur Pemilihan Model ASSURE:
ASSURE mengandung makna dari masing-masing huruf, yaitu: Analisis
Learning Characteristics, State Objectives, State Objective, Select Modify or
Design, Utiliti materialas dan Evaluate.
1.
Analisis
Learner Characteristics, Tahap pertama adalah melakukan analisis terhadap
karakteristik siswa.
2.
State
objective, langkah selanjutnya menentukan tujuan pembelajaran atau kompetensi
yang diharapkan tercapai.
3.
Select,
Modify or Design materials, selanjutnya adalah kegiatan memilih media,
memodifikasi media yang sudah ada atau merancang sesuai kebutuhan.
4.
Utilitize
Materialas, setelah media tersebut dipilih mana yang sesuai dengan
karakteristik siswa, sesuai dengan tujuan pembelajaran lalu langkah selanjutnya
digunakan dalam pembelajaran..
5.
Require
Learning respose, diamati bagaimana respon siswa terhadap penggunaan media
tersebut.
6.
Evaluate,
Tahap akhir dalam pemilihan media model ASSURE adalah melakukan evaluasi.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari pembahasan
diatas dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media yang akan digunakan oleh guru
tidak hanya “asal” dalam pemilihannya tetapi juga melalui tahapan pemilihan
yang sesuai dengan kriteria serta prosedur dalam memilih media yang baik
sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
Kriteria umum
pemilihan media
1.
Kesesuaian
dengan Tujuuan (instruksional goals)
2.
Kesesuaian
dengan materi pembelajaran (Instructional content)
3.
Kesesuaian
dengan karakteristik pebelajar atau siswa,
4.
Kesesuaian
dengan materi
5.
Kesesuaian
dengan gaya belajar siswa
Kriteria khusus pemilihan media
1.
Access
2.
Cost
3.
Technology
4.
Interactivity
5.
Organization.
6.
Novelty
B.
Saran
Media
pembelajaran pada saat ini sangat beragam dan banyak digunakan oleh guru, namun
apakah media yang digunakan itu dapat membantu siswa memahami maksud yang
disampaikan oleh guru, dan apakah penggunaan media tertentu efektif atau tidak,
untuk itu guru hendaknya sebelum menggunakan media harus dapat memilih dan
menentukan media mana yang sesuai dan cocok digunakan untuk satu indikator atau
kompetensi dasar yang ingin dicapai dengan menggunakan kriteria pemilihan media
dengan prosedur-prosedur yang telah ada untuk mengeliminasi media yang akan
digunakan dalam pembelajaran sehingga tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar